Sabtu, 20 Februari 2010

Laboratorium Komputer disekolah dan Pemanfaatannya

Laboratorium komputer sekolah, merupakan tempat dimana para siswa dapat menggunakan fasilitas alat canggih yang disediakan oleh sekolah. Disana, para siswa dapat menggunakan komputer untuk memenuhi berbagai kebutuhannya seperti mencari informasi, mengetik makalah, mengeprint bahkan untuk menuliskan karya-karya mereka didunia maya seperti lewat blog. Lalu, seberapa pentingkah Laboratorium komputer bagi para siswa?

 
Internet kini bisa disebut sebagai kebutuhan pokok tiap pelajar. Mengapa demikian? Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang kini banyak diterapkan ditiap sekolah diIndonesia, menuntut murid berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Karena itu, tiap murid sudah mutlak memerlukan banyak referensi pengetahuan, dan salah satu sumber terbesar adalah Internet. Lalu, dimana para siswa dapat mendapatkan wawasan yang diperlukan dengan leluasa? Salah satu tempat adalah labkom (laboratorium komputer) sekolah salah.

Penyediaan fasilitas Laboratorium Komputer tentu saja sebaiknya disertai fasilitas printer dan scanner sehingga siswa dapat mengerjakan tugasnya disekolah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal dari mengerjakan diluar. Dengan adanya fasilitas ini, semua siswa mampu menjangkau teknologi canggih yang biasanya diidentikkan dengan harga mahal dan ekonomi tinggi. Selain turut mencerdaskan anak bangsa, dengan adanya fasilitas Laboratorium Komputer siswa yang tidak memiliki Komputer dirumah dapat memperaktekkan ilmu yang ia dapat dari kelas/lab lain sebagai modal keterampilan.

Selain memudahkan mencari informasi, dengan disediakannya fasilitas Internet diLabkom, dapat membantu siswa dalam memperdalam serta membagikan ilmu yang telah diperoleh disekolah. Seperti melalui Game online atau jejaring sosial, siswa dapat memperdalam bahasa asing mereka dan melalui media berbagi (sharing media) siswa dapat berbagi beragam hal.

3 comments:

Unknown mengatakan...

Kalo bisa sih Operating System di lab komputernya pake linux. pasti aman deh dari virus window$! hehehe (promosi lagi...)

M. Teguh G. mengatakan...

Ya, saya juga sependapat. Selain itu, jika para sekolah menggunakan OS linux, itu bisa menekan pengeluaran biaya untuk pembelian OS kan linux ada yang gratis? tetapi penggunaan linux ini memang masih diperdebatkan sehubungan dengan aplikasi yang bisa diinstall serta kemampuan atau wawasan siswa akan linux masih terbatas.. kan belum ada materi dilks pembelajaran penggunaan Linux, Open Office, dll. Walau mirip, beberapa siswa yang belum mengenal teknologi mungkin sedikit sulit mempelajarinya karena mayoritas fasilitas teknologi Umum seperti warnet saja masih menggunakan Windows.

Agung Setiyawan mengatakan...

Iya, saya sangat setuju dengan penggunaan linux di lab sekolah, bisa membuat siswa bukan hanya kenal sama windows aja. :D

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More