Rabu, 10 Maret 2010

Musik New Age dan Siswa


Musik adalah suatu hasil seni manusia yang dapat digunakan untuk menyalurkan inspirasi dan khayalan pemusik. Dewasa ini, kancah musik diIndonesia mengalami kemajuan yang amat pesat, hingga para siswa membawa music player kemanapun mereka pergi. Lalu, apakah mendengarkan musik dapat mempengaruhi pelajar (siswa)?

 

Ada beragam jenis musik didunia ini, salah satu jenis musik tersebut adalah new age. Musik new age merupakan musik dengan berbagai gaya artistik untuk menciptakan inspirasi, relaksasi dan optimisme. Para pelajar yang mungkin kerap menghadapi banyak masalah disekolah ataupun sedang memerlukan sebuah inspirasi dapat menjadikan musik jenis New Age sebagai musik pilihan untuk didengarkan.

Musik jenis new age lebih mampu mempengaruhi pendengar dan sering digunakan untuk meditasi, yoga ataupun menciptakan suasana damai. Melodi dalam musik new age kerap diulang-ulang, untuk menciptakan suasana Hipnotis dan terkadang suara alam diperdengarkan sebagai pengantar. Tidak semua pencipta lagu menyatakan bahwa lagu yang ia buat merupakan jenis new age walau musik yang ia uat telah dicap sebagai new age. Music for Zen Meditation (1965) oleh Tony Scott dikenal sebagai album new age pertama.

Beberapa contoh musik new age adalah :
Life in Mono - Mono
Nocturne - Secret Garden


2 comments:

bianda fedia mengatakan...

ehmm,,,,, memang benar kancah musik diIndonesia mengalami kemajuan yang amat pesat,,, para siswa sring dengerin lagu di mana",,, tapii banyak juga siswa yg dengerin musik wktu jam pelajaran dan wktu pengajian,, nahh,,, baiknya kaya gimana???
heheee

M. Teguh G. mengatakan...

@ Bianda fedia
Mmm memang tepat sekali. Bahkan, hampir distiap kelas kita bisa melihat siswa dengan headset yang terpasang. Memang musik baik untuk menyeimbangkan emosi, tapi terlalu banyak musik bisa mengganggu aktifitas lain seperti pembelajaran dan pendengaran kita. Terlalu sering pakai headset itu bahaya lo! Bisa merusak gendang telinga..

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More