Jumat, 25 Maret 2011

50 Foto Barang Berarti

50 Foto Barang Berarti
Mohamad Teguh Gumelar

 

Selama ini sudah banyaaaak sekali masa yang saya lewati, kalau dihitung2 sih 18 tahun berarti berapa detik ya? hehe...Gak kerasa, barang2 mulai numpuk di kamar, sampe keliatan kayak gudang kuno yang lama ditinggal, penuh debu..empf..bau apek. Hari ini, saya beres2 kamar, sambil mengenang masa lalu. Mulai dari TK, SD, SMP sampe SMA sekarang. Kalau saya itung2 banyak juga barang yang gak saya buang karena kenangannya. Sayang banget gak semuanya ketemu, soalnya ada beberapa barang kenangan pribadi yang saya simpan di rumah orang tua (sekarang saya tinggal di rumah kakak). Berikut beberapa barang yang saya foto dan terkumpul menjadi 50 foto barang berarti bagi saya..(sekedar share aja..haha)

 Ini foto buku pupuh saya waktu SD. Buku ini bikin inget sama Pa Dendi, Bu Yani, Bu Tiiti, Bu Regina, Pa Yana, Pa Mulyadi, Bu Yeyet, Bu Euis, Bu Nani, Bu Atun, banyak deh..aduh inget SD pokonya..

Ini LKS saya waktu SMP. Ngeliat LKS ini jadi inget masa2 sekolah di SMP 1 dulu...hiks. Terutama Bu Euis, guru biologi sekaligus walikelas saya :D.

Nah, kalau yang ini buku rangkuman pelajaran SMP yang saya beli dengan uang saya sendiri lho..!! :D
Yang ini buku catatan ekonomi saya di SMP. Buku ini ngingetin masa belajar sama guru Ekonomi, Geografi sekaligus Sosiologi saya di SMP, Ibu Yetty. Kangen ibu..pertama kali banget saya tertarik sama Geografi waktu belajar siklus hujan sama ibu Yetty. Tapi saya sekarang jurusan IPA di SMA.
Ini buku belajar gitar yang saya beli dulu bareng bapak saya. Belinya dua, cuman yang satu lagi gak tahu dimana...XD
Ini catetan fisika SMP saya. Buku ini dipakai dari kelas 8 smape kelas 9. Selain ngingetin sama Pa Iyep, Bu Dida, Pa Yogi, buku ini juga ngingetin sama eskul saya Pramuka..waktu itu saya ikut lomba cari jejak, eh bukannya dapet piala malah dapet buku ini (dari kuis2an gitu..). Awalnya sih saya bilang mau dipake buat eskul pramuka,,tapi akhirnya malah saya pake sendiri haha.
 Ini foto dari SMP yang saya pake buat ijazah SMP, SKHU, sama buat syarat masuk SMA 3 Sukabumi :D
Ini foto CD hadiah dari eskul Detteksie SMAN 3 waktu saya mengikuti MOS di sana..awal masuk banget.
Nah, kalau yang ini foto buku SMA kelas 10. Yang saya foto bukan cuma bukunya, tapi juga sampul plastiknya yang saya beli dapet nitip temen saya, Irania. Hahaha dulu pengennya sih awet, tapi ya rusak2 juga haha :D
Kalau foto ini nunjukin buku suvenir Seminar yang diadakan SMA 3, Waktu itu saya ikut eskul Remaja Pecinta Lingkungan (RPL) dan turut menjadi panitia seminar lingkungan hidup. Kebetulan masih ada sisa buku, yah, buat saya katanya. Asiik..!! :D


Masih dari eskul RPL juga, saya ikutan seminar pengolahan sampah dari dinas DP4 di sekolah. terus karena menjawab pertanyaan, saya diberi hadiah buku. Senangnya!! hahaha

Nah, kalau yang ini sih ingatan kelam dalam hidup saya..saya dulu emang seneng banget ikutan eskul. Tapi ya, ada juga masa transisi dimana saya maleeees banget haha. Terus kebeneran waktu males2nya saya dititipin barang ini sama kakak kelas yang baru lulus buat kakak kelas saya (secara saya waktu itu kelas 11). Sebenernya saya udah bilang, dan bawa ke sekolah. Cuman waktu saya bawa, saya lupa ngasihin, terus waktu saya gak bawa ditagih. Akhirnya kakak kelas saya (a Rasyid dan A Fierza) udah keburu lulus, barangnya masih di saya...aduh2..XD

Ini dua buah buku yang memiliki kenangan, yang biru itu modul waktu ada studi tur atau belajar praktik lapangan ke Jogjakarta, yang satu lagi hadiah dari Olim Jabar. lumayan, biar gak menang olimnya, menang suvenirnya haha :D

Nah, waktu kelas 11 saya ikutan seminar kesehatan gitu deh di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, terus dapet modul ini..lumayan juga lah. Waktu itu sebenernya sih gak tahu apa2, karena diajak temen ya mau2 aja deh..

Nah! Yang ini buku hadiah dari Pa Endris. Beliau adalah guru biologi, jadi ceritanya waktu itu Pa Endris lagi tes ngajar di sekolah saya, terus kebeneran ngajar di kelas saya. Eh, ada kuis2nya gitu deh..ya..saya ikut jawab terus dapet hadiah!! :D
Ini foto kartu-kartu identitas atau ID card eskul sama lomba2 sampe kartu peserta UN yang akan segera saya hadapi April mendatang, mudah2an lancar dan lulus dengan nilai baik..Amin!!
Yang ini alat tulis hasil nemu..hehehe. Saya lumayan jeli juga loh! Mau uang 100,200 atau 500 juga suka keliatan. Cuman ya gak bisa saya foto buat postingan ini, soalnya udah dipake..hehe. Yang ada tinggal alat tulis dapet nemu. Ada yang mau ngaku sebagai pemiliknya? :D
Pensil ini kaya pensil biasa ya? Padahal enggak lho..ini oleh2 dari temen saya Ersha. Waktu itu Ersha ikut pasanggiri maca sajak sunda di daerah manaaa gitu, terus beli pensil buat oleh2 ke temennya termasuk saya. Berarti banget :)
Ini adalah bolpen2 paling mahal di jagat raya. Soalnya ini satu pak bolpen yang dibeliin ibu saya..soalnya saya keseringan bolak-balik ke warung buat beli bolpen katanya..(padahal emang sering ilang gak tahu kemana bolpennya..hehe)
Yang ini buku bisnis pulsa sama snack saya dulu, terus sama buku tabel matematika yang bisa dibilang kepaksa saya beli..hahaha. Tapi ternyata berguna banget bukunya, buat belajar :) Dulu, saya waktu kelas 10 suka jualan air mineral (aqua) sama snack kaya richeese nabati, coki2 dll. Saya keterusan dagang sampe kelas 11, terus saya ganti ke jajanan mie shorr. Banyak banget deh pasang surutnya waktu dagang. Baru dapet duit dikit pengen jajan, ngerusak fd orang akhirnya harus ganti, ada lagi dompetnya ilang, duitnya gak tahu kemana, akhirnya saya ganti ke jualan pulsa. Tapi saya sreing abis saldo, terus error mulu servernya.. akhirnya saya stop dagang dan mau fokus belajar saja.
Nah, saya tadi udah nyeritain soal ilang dompet kan? Kabel di foto ini merupakan kabel dari handphone yang turut hilang bersama laba dagang saya di dompet..ceritanya waktu itu lagi sholat di masjid, barang2 saya disimpen di tas. Eh taunya beres sholat tas saya udah kebuka dan *jrengjreng dompet+HP saya ilang..mana lagi gak ada ortu di rumah..kunci rumahnya ada di dompet..kepaksa deh masuk lewat pintu tetangga(rumah saya nyambung sama rumah bibi (tetangga) saya, dulunya 1 rumah dibagi 2 gitu. Kalau yang satu lagi, itu foto kaligafi jepang (huruf Kanji) yang artinya Ai=cinta. Itu bikinnya perlu 14 goresan, dan kesabaran,,makasih Evy Sensei udah ngajarin saya! :D
Ini adalah foto gitar saya, satu-satunya yang saya punya. Gitar ini dibeli tahun 2006an, waktu SMP kelas 7. Asalnya sih pengeeen banget punya gitar. Lumayan lah, belajar agak lama, sering dimainin, lama-lama dianggurin ampe nyelip di kamar, berdebu dsb deh. Kemaren2 saya coba mainin, eh senarnya malah putus. haha :D
 Ini foto barang-barang gratisan..he. Ada tas Olim, itu hadiah dari dinas pendidikan jabar, sekalian sama notebook, bolpen, dll. Yang topi, itu dari nokia. Waktu itu ada nokia life tools, nah kebetulan teman saya di SMA 3 ada yang terpilih menjadi duta nokia di sekolah. Di acara penobatan duta nokia itu, saya dikasih topi nokia, lumayan lah sama makanan+ongkos dari sekolah (kalau gak salah..abis agak lupa haha). Satu lagi, buku dari biofarma. Waktu BPL (Belajar Praktik Lapangan) ssebelum ke Jogjakarta, saya dan teman-teman saya berkunjung ke biofarma di Bandung terlebih dahulu. Terus ada kuis gitu deh, dikasih hadiah note book sama buku di foto.. :D
Kalau yang ini, emang keliatannya kaya' kertas biasa, kertas rombengan buku tulis..tapi kertas ini berarti banget, soalnya ini adalah kertas pencatatan hasil ujian praktek olah raga saya kemarin (kelas 12). Tesnya circuit training, hasilnya kurang..yah! X(
Foto ini ngeliatin buku garis tiga buat menulis halus punya ponakan saya, Fauzan. Waktu dulu,tahun 2006-2009an Fauzan tinggal bareng sama saya di rumah orang tua. Dia waktu itu masih SD, gak tahu kelas berapa. Nah, ini buku tulis halus fauzan (saya sering nyebut oza) yang ketinggalan di rumah, yaudah dirawat deh, soalnya baru dipake sedikit..
Nah, ini foto buku pelajaran fisika SMP kelas 2 yang saya pinjem dari tetangga, eh ternyata sampe sekarang belum dibalikin..dibaca kagak..aduh, harus segera dikembalikan :(
Kalau yang ini foto tempat parfum dari guru Kimia saya di SMA, sekaligus wali kelas waktu kelas 10, ibu Ery. Waktu tahun 2010, ada lomba siswa berprestasi. Nah, saya ikutan tuh, terus mau membuat makalah tentang pewangi gitu, sambil dibimbing oleh beliau, beliau memberikan tempat parfum ini. Tapi saya gak pake, soalnya susah ngebukanya, tapi ini menjadi barang berarti buat saya :)
Ini foto-foto saya bersama teman-teman SD, SMA kelas 10 dan SMA kelas 11 serta 12. Foto yang SMP udah dipasang di album, jadi gak bisa dicopot hehe..fotonya bikin serasa muda lagi (lho emang udah tua ya? haha)
Nah, ini barang-barang yang sangat berarti buat saya, Saya masih inget di ulang tahun saya yang ke 13, waktu itu kelas 7 SMP di ruang matematika, saya dapet kado ulang tahun dari teman saya, boxer cokelat merek proshop. Hahaha saya seneng banget tuh, secara dari dulu pengen punya boxer kaya orang lain, akhirnya saya pake hampir tiap hari, sampe sekarang masih sering saya pake..Selain itu di ultah berikutnya saya dapet tempat multifungsi dari tanah liat, keren khan..?? :D
Ini buku bahasa inggris untuk pemula. waktu SMP, saya kurang PD sama kemampuan bahasa inggris saya, lalu ayah saya membelikan buku ini, tapi sampai sekarang baru saya baca sampai halaman 5an..cita2 saya pengen namatin buku ini supaya bahasa inggris saya bisa kueren..!!
Hm...ini dia guidance book SMAN 3 Kota sukabumi. Ini buku yang saya terima dari sekolah waktu kelas 10. Di buku ini tercantum semua aturan-aturan atau tata tertib yang berlaku di SMA 3 Kota sukabumi. Waktu kelas 10, katanya ini buku saku, padahal ukurannya lumayan gede. Tapi ya saya sakuin aja, sampe dibilang orang : "Ih, kaciri sieun dipoin!!" cenah teh. Hahaha :D Waktu itu juga sempet dimarahi oleh guru saya, soalnya buku saku saya risek, rusak minta ampun. Ya, saya bilang aja "Kan saya sakuin tiap hari pak!" Lagian emang bener kok,, tapi sejak saat itu saya gak nyakuin buku ini lagi, tapi saya simpen di tas dan gak dikeluar2in sampe saya ganti tas dan buku ini sempet ngilang (lupa nyimpen) haha :D
Ini catetan bahasa inggris saya waktu smp. buku ini ngegabungin catetan kelas 7 sampe kelas 9 + stiker2 lomba bahasa inggris yang pernah saya ikutin..waktu itu saya menang lomba bahasa inggris di sma 1 sukabumi, tapi saya masuknya ke sma 3 sukabumi soalnya lebih deket dari rumah..hehe. Kalau liat buku ini sama isinya, jadi inget Bu Sofi, bu Tita, terutama Bu Melly. Miss you all :')
Ini dia..ini buku-buku dapet nemu. Yang coklat itu punya A Deri, kakak kelas di sma 3, yang satu lagi gak ada namanya. Buku a Deri itu saya nemu waktu kelas 11 (sekarang kelas 12) dan gak ernah saya balikin, lagian saya gak tahu yang mana kakak kelas SI yang namanya Deri? lagian penting banget orang itu kayanya sih buku bekas..yaudah saya pake aja buat di sobek2 ulangan atau ngotret..hehe. Buku yang satu lagi juga senasib dengan buku A Deri. Kalau a deri baca, maaf ya a! abisnya ga tahu..haha :D
Nah, ini juga buku dapet nemu! Yang ini buku punya teh wida..hehe di dalemnya ada nama Wida Edwina kelas 10-5..hehe. Kebeneran buku saya yang kelas 10 hilang entah menguap kemana, lagian teh wida udah lulus. Kalau gak salah saya pernah sms teh wida buat pinjem buku yang dapet nemu itu, tapi gak dibales. yaudah deh dipake aja sampe sekarang buat siap2 UN.. :D
Nih, bedak ini berkesan banget, soalnya tiap liat bedak ini inget waktu kaligata sama cacar. Dulu, saya sering kaligata sama pernah cacar nah diobatin ibu saya pake bedak ini, mereknya Herocyn..hehe sembuh alhamdulillah :)
Ini LKS saya waktu kelas 11 SMA. Waktu kelas 11, saya aktif banget deh di kegiatan ekstrakulikuler..akhirnya kbm lumayan terbengkalai, tapi saya tetep berusaha belajar sambil baca2 LKS ini,, kalau diliat2 jadi inget waktu kelas 11..haha
Ini kemeja bapak saya (lho, kok difoto?), waktu itu saya pake baju ini buat tugas drama bahasa indonesia. Saya kebagian peran jadi Pak apaaa gitu suami ibu apaaa gitu lupa! haha :D tapi gak lupa cerita dramanya..keren deh gek2 :D
Ini foto lampu belajar yang saya beli waktu SMP pake uang saya sendiri. Harganya 25/30rb an kalau gak salah, meski jarang saya pake lampunya masih jalan sampe sekarang..:) Kalau gak salah, dapet duitnya itu hasil ngeburuh di sekolah..secara saya dulu suka ngeburuh gitu deh, ngeburuh buat ngebeliin jajanan, trus kembaliannya buat saya, kadang2 juga ngeburuh tugas hahhaa :D
Pasti pada penasaran ini foto apa, ya kan?? Ini foto tutup tipe-x saya. (buat apaan difoto yang beginian?) tutup tipe-x ini sangat setia pada saya, cuman sampe sekarang tipe-xnya gak tahu dimana, kalau ketemu balikin ya!!! XD
Yang ini modul belajar saya selama di SMA 3. ada modul TIK, Kimia sama Biologi. Selain itu ada juga proposal eskul KIR, dll. Kalau liat proposal inget waktu GSC (gebyar smantie cup) rame banget deh ngadain beragam acara, seru!! :D
Saya masih inget guru yang menyuruh saya membeli buku ini, namanya Pak Burqon. Ini namanya buku not musik (yah, itu sih semua pada tahu..hahaha). Buku ini dibeli buat belajar seni musik, saking jarang saya pake (soalnya kalau mau dipake suka ketinggalan) masih kepake sampe di SMA :) kalau kata axis sih "hemaat.."
Ini foto kipas PS 2 sama pembatas buku dari Jogja. Saya beli dua-duanya pake uang (ya iya lah) hehehe. Kipas PS 2 itu kado buat Oza, ponakan saya itu lho..soalnya dia seneng banget main PS 2. Tapi sayang, soalnya kipas ini lumayan berisik, takutnya ganggu pendengaran dia, jadi gak dipake dan waktu dia pulang ke Depok (rumahnya) gak dibawa..haha :D Kalau pembatasnya sih pernah mau dikasihin ke temen, gak jadi haha :D
Yang ini keliatan kaya teks apaaa gitu ya? Ini adalah catatan2 saya waktu kepilih ikutan PPKB UI..Saya juga waktu itu udah rencana mau ikutan BIDIK MISI, yah yang dapet sekarang PPKB dibatalin, BIDIK MISI gak lulus seleksi sekolah..hmpf..yasudah lah hahaha :D
Ini catatan ceramah, kultum sama sanlat selama sekolah di SMA 3 Sukabumi..inget sama kakak-kakak dari STAI Sukabumi yang pernah praktek ngajar jadinya.. :)
Ini absen temen sekelas di ipa 1 atau sering disebut "Bringka..!". Namanya itu dari wali kelas kita di kelas 11 ipa 1, Pa Endan. Waktu itu Pa endan sempet nyerita soal Ibu-ibu hebring yang bring kaditu, bring kadieu..eh anak2 pengen nama kelas bringka akhirnya, soalnya melambangkan kekompakkan gitu deh..Sampe sekarang (12 ipa 1) kita gak ganti nama,,tetep bringka XD
Ini kartu peserta lomba movie compose competition. Waktu itu perpus sma 3 ngadain lomba bahasa inggris, mengarang. Jadi, peserta nonton film sampe 3/4nya. Terus, kita disuruh bikin endingnya versi kita di kertas polio pake bahasa inggris. Saya ikutan, cuman sampe sekarang gak tahu gimana hasil penjuriannya..hahaha :D
Ini kertas cover tugas BK yang saya buat..waktu itu saya sama teman kelompok saya mendapat tugas BK mengenai potensi kota sukabumi, lalu kami mengambil tema potensi pendidikan. Saya kan bikin covernya gak pake nama teman2 saya, cuma nama saya sendiri, terus mereka print deh, sambil ngeprint cover yang namanya lengkap. Mereka ngerjain deh, bilangnya lupa gak dinamain,blablabla padahal udah beres..jadi di kumpulin deh. Terus katanya "Nih, simpen kertas ini sebagai kenang2an dari kita!" Hahaha senang banget deh rasanya :)
Ini foto sisa-sisa dari tugas Praktek fisika saya dan kelompok saya :) Kita bikin Lampu Planetarium Sederhana, terus  saya masih simpen sisa-sisa sampah (di keresek) sama tudung lampu yang gagal. Kalau diliat, jadi inget lagi waktu bikin lampunya dengan susah payah, di musim hujan saya dan teman2 belanja baha, ngerakit, bikin makalah, yah, seru pokonya! :D
 Nah, barang di foto ini gak kalah berarti buat saya. Ini foto LJK (lembar jawaban komputer) yang saya geluti selama belajar di SMA 3. Mau uas, uts, UAS saya harus berjuang membulati pilihan-pilihannya (membulatinya sih gampang, milih yang mau dibulatinya susah!) LJK ini sisa UAS, kebeneran kebagian lebih saya, lumayan buat kenang-kenangan SMA :)
Nah, ini yang ke-50...foto ini nunjukin dompet merah, gelang coklat sama tempat pensil. Dompet itu pemberian kakak saya (Uminya Oza), saya seneng banget tuh dikasih dompet, soalnya dompet saya kan ilang sama SIM, kartu siswa dll..terus gelang! Itu berarti banget, gelangnya dari Jogja, oleh2 dari adik2 saya di eskul Arsentie (arena remaja seni sunda smantie) seneng lah, dapet oleh2 haha :D Yang satu lagi, tempat pensil daiichi, harganya murah, gak nyampe 10rb, itu saya beli dari hasil dagang saya sebelum sisanya hilang bersama dompet saya.aduduh..haha :D

Yah, begitulah kira-kira 50 foto barang yang berarti bagi saya. Saya selalu berusaha menghargai pemberian orang lain dengan merawatnya dan menggunakannya sesering mungkin, dari pada hanya menjadi pajangan? kecuali kalau emang dikasihnya pajangan..Selain barang-barang di 50 foto di atas, masih banyak lagi barang-barang yang sangat berarti bagi saya. Tetapi yang pasti, orang tua, saudara, guru, teman-teman serta adik-adik saya  di sekolah dan dimana saja lebih berarti dibanding barang apapun :). Terus kalau barang berharga punya kamu apa? Jangan lupa dijaga dan dipelihara ya! :)



Sayang banget, abis beres-beres saya harus merelakan beberapa barang saya untuk dibuang, abisnya kamar penuh banget! Tapi yasudah lah, kalau2 saya pengen mengenang masa lalu,,caile..bernostalgila,,bisa liat blog ini lagi. Makasih ya buat semua yang udah ngasih barang, perhatian dan mengisi hari2 saya :)

Nah, sekarang kamar udah rapi lagi....mudah2an awet ya rapinya, biasanya sih bentaran juga ribut lagi ni kamar..ahhahaa :D

13 comments:

Anonim mengatakan...

guh masa ada kalimat "waktu smp kelas 10"?? gimana sih??

Anonim mengatakan...

sumpah.. penting ga penting nih post.an.. ckck
tapi keren lah guh.. two thumbs up for ya.. =D


hayoo tebak ini siapa? *pasti ketebak

Anonim mengatakan...

hahaha..
sumpah guh itu dompet apa yang warna merah ?
lucu ,itu sama gelang ,kya anak ce aja :p

M. Teguh G. mengatakan...

@anonim : ya, itu tadi salah ketik..haha maksih ya!
@vie : hahaha makasih! :D
@kania : dompet biasa lah, haha itu hadiah :P

Ummi Oza mengatakan...

Om Teguh itu domper gak biasa loh, belinya di liverpool football club, jauh pake naek pesawat segala..

Btw, kamar rapi nya koq msh terlihat berantakan sih hihihi..itu barang2 siapa yaa?? (sorry menuh2in rumah genting puri hehehe)

M. Teguh G. mengatakan...

@ummi Oza : ya, haha :D barang2 dari cbrm..hehehe ntar diberesin lagi :D

selma mengatakan...

guidance book meuni kitu.. :P bagus deh daripada ilang (lupa nyimpen)

eciee.. barang kenang-kenangan OSN :D

(buat aku itu semua kegedean (jaket + tas nya)) :(

M. Teguh G. mengatakan...

@selma : ya, hahaha rusak banget :) hhehehe gpp yg penting punya :D makasih ya udh baca!!

UANG GRATIS mengatakan...

blogwalking sob....

Rachmat Subagia mengatakan...

hha teguh,,
nyentuh dh baca ny (nyentuh apa ny cba)..
jdi kabita dh posting2 ky gt..ckck

kren2,,selera humorny ga rendah.. :D (?)

M. Teguh G. mengatakan...

@Rachmat : Ya, makasih! Ayo dong bikin blog, kita bikin komunitas blogger smantie :D Makasih, ingatlah apa yang telah kau lakukan padaku tentang tugas BK di atas..jiahahaha :D

slevie mengatakan...

sempet sempetnya yaa post yg gnian..!haha
tp keren guh.. :D

satu barang yang catching my eyes is DOMPET LIVERPOOL..!! I want it..hehe :)

M. Teguh G. mengatakan...

@selvie : ya, haha makasih ya udh vote sama mampir ke sini! :D

hahaha apa lagi kalau ada foto narsis aku disana, catching banget ya! Pasti pengen juga deh.. XD

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More