Minggu, 21 Februari 2010

Pasanggiri Jaipong Ekstrakulikuler Arsentie

Pasanggiri Seni Sunda Arsentie merupakan perlombaan seni sunda yang diadakan oleh ekstrakulikuler Arsentie (Arena Remaja Seni Sunda Smantie(SMAN 3 Sukabumi)). Mata lomba yang diadakan tahun ini adalah Lomba (atau dalam bahasa Sunda adalah Pasanggiri) Tari Jaipong tingkat SD/sederajat serta SMP/sederajat sewilayah-I Bogor.

Perlombaan ini berhasil dilaksanakan dengan jumlah peserta mencapai 22 orang siswi berasal dari berbagai daerah. Rincian peserta adalah 11 peserta tingkat SD/sederajat dan 11 Peserta tingkat SMP/sederajat. Kegiatan ekstrakulikuler diSMAN 3 Kota Sukabumi ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari Sekolah, hingga perusahaan-perusahaan atau Instansi yang peduli terhadap pelestarian budaya daerah. Dukungan dari sekolah dibuktikan dengan kehadiran Bapak kepala Seklah SMAN 3 Kota Sukabumi kelikasi lomba yang bertempat di ruang Aula SMAN 3 Kota Sukabumi.

Kedatangan beliau tentu membawa angin segar bukan hanya bagi para peserta tetapi juga para Panitia yang tidak lain merupakan siswa siswi SMAN 3 Kota Sukabumi. Para panitia telah mempersiapkan Pasanggiri ini jauh hari sebelumnya. Tujuan diadakannya acara ini selain untuk memeriahkan GSC (Gebyar Smantie Cup : Program Kerja OSIS MPK SMAN 3 Kota Sukabumi) juga untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap pelestarian Seni daerah, dalam hal ini seni sunda.

Melalui acara yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2010 ini, para panitia memperoleh pengalaman yang sangat berharga dan termotivasi untuk lebih giat berlatih kesenian sunda yang rutin diadakan ekstrakulikuler Arsentie ini disekolah. Jadwal pelatihan kegiatan ekstrakulikuler ini adalah Sabtu dan Senin, 1 kali dalam 7 hari. Setiap hari Senin, para anggota Ekstrakulikuler mengikuti pelatihan permainan Kacapi Suling, sedangkan pada hari Sabtu, mereka mengikuti pelatihan permainan Angklung. Beberapa kegiatan lain yang pernah dilakukan oleh ekstrakulikuler ini adalah Kunjungan ke Saung angklung Udjo (Bandung) serta Museum Sri Baduga yang dibiayai oleh dana RSBI SMAN 3 Kota Sukabumi dengan tujuan meningkatkan kepedulian pelajar SMAN 3 Kota Sukabumi terhadap pelestarian kebudayaan daerah.

"Kami ingin berpartisipasi dalam ngamumule (melestarikan) budaya sunda, serta memperoleh pengalaman baru sebagai bekal dimasa depan" Ujar Teguh, ketua umum Arsentie.

6 comments:

Unknown mengatakan...

tah kitu atuh, pemuda sunda harus tahu kebudayaan sunda! syukur2 kalo ikut melestarikeun. sok didukung lah ku aa agit!

M. Teguh G. mengatakan...

@ agit ariffiandi
wah, leres pisan! Sim kuring oge hoyongnamah ngayakeun deui, pasanggiri seni sunda teh! Nonoman ayeuna emang kedah apal kana budayana, sangkan teu dipaok kubatur, komo lamun sanes ukur apal, tapi ngamumule oge! TOP pisan lah! Mugi2 program kerja Arsentie bade ngayakeun Pagelaran Seni sunda tiasa lancar, nyuhunkeun pidu'ana we nya! Sakali deui, hatur nuhun..!

blogger gembloeng mengatakan...

harusnya memang begitu kang.. melestarikan budaya indonesia pada umumnya.. (hik..hik..) kayak tau aja kamu bloeng... Salam kenal kang dari gembloeng

M. Teguh G. mengatakan...

@gembloeng
ya, bener banget! semoga kebudayaan diIndonesia bisa lebih dilestarikan serta dipelajari oleh para remaja! do'akan program arsentie berikutnya untuk mengadakan festival seni sunda disman 3 kota sukabumi ya!!! n_n

iskandar fadlilah mengatakan...

asik dah.... trnyata pemuda/i indonesia masih ad jga yang CINTA BUDAYA.
sok atuh urang kapayunkeun budaya tradisional.

M. Teguh G. mengatakan...

@ iskandar fadlilah
Hayu atuh urang ngamumule kabudayaan sorangan sangkan tiasa go internasional! XD

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More