Senin, 01 Maret 2010

Ayo Belajar Memainkan Kacapi!


Kacapi yang tidak lain adalah salah satu warisan leluhur kita tentu patut kita lestarikan. Sebagai alat musik tradisional, kacapi mungkin cukup dikenal para remaja tapi tidak banyak yang mempelajarinya. Sebagai pelajar, siswa siswi diSMAN 3 Kota Sukabumi berusaha untuk melestarikan kebudayaan asli Jawa Barat ini agar dapat bertahan diera modern. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan mempelajari permainan kacapi serta menampilkannya melalui kegiatan Ekstrakulikuler Arsentie.


Lalu, bagaimanakah cara bermain kacapi? Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu seperti apa kacapi. Kacapi terdiri atas senar-senar (umumnya senar gitar) dengan tangga nada pentatonis (da-mi-na-ti-la). Bagian bawah adalah bagian dengan panjang senar terpendek. Bagian senar paling pendek merupakan lokasi senar dengan nada paling tinggi. Semakin memanjang (semakin keatas) nada senar merendah. Kacapi dimainkan dengan 2 tangan kita. Tangan kanan bermain dengan cara mendorong senar kedepan (sintreuk) sedangkan tangan kiri dimainkan dengan cara menarik senar kebelakang (toel). adapun tehnik lain adalah jambret kanan-kiri, serta jeungkalan kanan-kiri.

Kacapi biasa digunakan untuk mengiri lagu. Lagu yang dapat diiringi kacapi diantaranya Manuk Dadali, Pupuh, Ayun Ambing serta Karatagan Pahlawan. Untuk mengiringi lagu Karatagan pahlawan digunakan teknik jambret kanan dan kiri. Untuk tangan kanan, teknik jambret umumnya menggunakan 3 jari tangan, sedangkan tangan 2 jari. Cara meminkannya cukup mudah dipelajari.

Pelajar SMAN 3 Kota Sukabumi cukup antusias dalam empelajari seni sunda, terbukti dengan berdirinya ekstrakulikuler Arena Remaja Seni Sunda Smantie (Arsentie). Dalam ekstrakulikuler ini, para siswa dibekali ilmu seni daerah berupa pelatihan permainan angklung, calung, kacapi, suling serta gamelan. Untuk Kacapi, latihan biasa dilakukan bersama dengan pelatihan suling sehingga dapat saling melengkapi dalam sebuah lagu. Permainan kacapi selain ditampilkan dalam pentas, juga dapat ditampilkan dalam upacara adat seperti siraman saat pernikahan. Silahkan lihat video berikut sebagai gambaran berlatih permainan Kacapi.



Video diatas diupload diYouTube dari kegiatan Ekstrakulikuler Arsentie.

Mempelajari perminan Kacapi memerlukan keuletan dan mampu meningkatkan kemampuan koordinasi gerak tangan kita. Anda tertarik mempelajari permainan kacapi?Ayo Belajar Memainkan Kacapi!

3 comments:

qanita mengatakan...

ayo, kita cintai budaya kita sendiri sebelum ia di ambil orang lain..
i luv indonesia!!

salvagia mengatakan...

@ qanita
ya, ayo semangat!! Kuring Bogoh Indonesia oge!!!!

annisa mengatakan...

wah di upload ke youtube ya guh..
ko ga ada akunya ya..hehe

love budaya sunda :)

Poskan Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More