Sabtu, 27 Februari 2010

Siswa dan Drama [2]


Sebagai seorang pelajar, kita tidak hanya memerlukan ilmu pengetahuan sebagai bekal menjalani kehidupan, ataupun hanya keterampilan. Tetapi, kita tentu memerlukan gambaran akan kehidupan didunia ini. Drama dapat dijadikan sebagai salah satu media pengenalan kehidupan kepada para pelajar, salah satu drama yang cukup menarik adalah Style.


Style merupakan suatu drama korea yang menceritakan mengenai dunia para pekerja suatu majalah fashion yang bernama Style. Dunia kerja digambarkan lengkap dengan intrik persaingan serta cinta didalamnya. Pencampuran duni kerja dan cinta menjadi sajian yang sangat cantik untuk dinikmati. Melalui drama ini, ada beberapa hal yang dapat kita ambil sebagai seorang pelajar, diantaranya sebagai berikut:
1. Dunia kerja tidak sebaik yang diimpikan. Terkadang dalam menghadapi dunia kerja ada persaingan baik yang sehar maupun tidak sehat. Hal ini dimunculkan dalam seni drama korea "Style" dalam penggambaran dunia kerja seorang editor majalah bernama Lee Seo-Jung.
2. Cara mengambil keputusan dalam menghadapi masalah tidak selalu harus menggunakan emosi. Terkadang sebagai generasi muda dan penuh semangat, kita terbawa emosi dalam menyelesaikan suatu masalah. Hal itu dilukiskan dalam drama sebagai suatu sikap yang terkadang diperlukan, tetapi lebih baik menggunakan kepala dingin, bukan emosi.
3. Kita harus mencintai pekerjaan kita. Dalam drama dilukiskan betapa Kepala Editor Park Ki-Ja mencintai pekerjaannya sehingga mampu bekerja dengan maksimal. Hal ini patut kita contoh, tapi betapapun kita mencintai pekerjaan kita, jangan melebihi cinta pada pencipta kita.
4. Jangan mencampur adukkan masalah individual dengan masalah pekerjaan.
5. Kita harus bekerja dengan maksimal dan berusaha semaksimal mungkin. Dalam drama Style dilukiskan kerja keras Lee Seo-Jung yang tak kenal lelah. walau ia hampir mencapai keputusasaan dalam menghadapi bosnya, Park Ki-Ja akhirnya dia mampu bekerja dengan maksimal.

Jadi, melalui drama ada banyak nilai kehidupan (amanat) yang dapat kita ambil sebagai bekal dalam kehidupan.

2 comments:

Anonim mengatakan...

aa suka nonton drama korea ? bikin reviewnya dong tentang drama yg lain hehe

M. Teguh G. mengatakan...

@anonim : ya, suka korea, suka taiwan, indo juga haha :D buat review gitu ada temen aku di faradhis.blogspot.com

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More