Senin, 22 Maret 2010

Pisang Membantu Bertahan dari Virus

 

Dalam pisang, terkandung banyak sekali zat kimia alami. Setelah dilakukan penelitian, ilmuwan AS menemukan sebuah zat alami dalam pisang yang mampu melindungi wanita dari penularan HIV!!


Lektin, merupakan suatu protein yang dapat mengikat gula. Sebagai contoh, beberapa virus menggunakan lektin untuk menempelkan dirinya pada inang selama infeksi. Ternyata, lektin dalam pisang (BanLec) berpotensi menyamai dua obat HIV sekarang ini. BanLec mampu mengikat lapisan kaya gula pada virus dan membloknya agar tidak masuk ke sel tubuh.

Pada HIV, BanLec mengikat lapisan HIV-1 kaya gula gp120, lalu membloknya masuk kedalam sel tubuh.

"Para peneliti dari University of Michigan Medical School mengungkap hasil temuan BanLec bisa lebih murah dan sangat efektif sebagai komponen baru vagina mikrobisida. "Kendala obat HIV adalah virus bermutasi dan resisten, tapi hal itu lebih sulit terjadi saat virus HIV berhadapan dengan lektin," ungkap peneliti Michael D. Swanson seperti dikutip dari Healthday."(Referensi 2)

Kata lektin berasal dari bahasa Yunani "legere" yang berarti pemilih. Lektin yang telah dimurnikan bermanfaat dalam bidang medis sebagai pengklasifikasi tipe darah. Selain itu, beberapa glikolipid dan glikoprotein pada individu sel darah merah dapat diidentifikasi dengan lektin.

Menurut Jönsson et al, lektin dapat menyebabkan resistensi leptin, dimana lektn dapat mengikat reseptor leptin dan mengganggu fungsiny yang dapat menjadi penyakit.  Leptin adalah hormon yang berperan dalam asupan dan pengeluaran energi.

Referensi 1 
Referensi 2 
Referensi 3 
Sumber Gambar 

0 comments:

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More