Rabu, 21 Juli 2010

Jawa dan Pertanian



Kalau saya memikirkan tentang Pulau Jawa, yang terbayangkan adalah sebagai berikut :

Hamparan sawah, ada sungai dan hutan, terlihat burung beterbangan, ada gunung hijau.. asri

Itu sih saya, terus gimana sama orang2 luar jawa atau anak2 jaman sekarang??

Gak tahu juga sih,, tapi apabila dihubungkan dengan kondisi Pulau Jawa sekarang saya rasa bayangan orang2 akan Pulau Jawa sebagai berikut :

Pusat Pembangunan, Banyak gedung, Banyak kantor, banyak tukang dagang, Jalan Raya besar, Tempat cari uang...

Kalau saya rasa, tanah di pulau jawa itu sangat subur (wong rumput aja tumbuh sendiri, ga perlu nanem2.... betul?). Lalu, coba kita bertolak menuju Pulau lain.. Ada Pulau Sumatera. Kalau saya mikir2 soal sumatera.. mirip2 Jawa,, ada sawahnya, ada rumah gadang, ada kicau burung, idah deh,, apalagi sungainya,, wihihi :D. Terus kenyataannya sekarang gimana? Kurang tahu saya,, hehe :D soalnya saya kan di jawa.. Kita berangkat lagi ke Kalimantan.. Di sana kebayang Hutan Lebat, pohon besar2, sungai musi + Pasar apungnya yg terkenal kemana2, terus kalau sekarang kaya gimana? kurang tahu juga saya,, coba sekarang kita berangkat lagi ke sulawesi,, nah yg kebayang sama saya itu,, blank.. saya gak tahu apa2 soal sulawesi,, tapi ada pantainya (Pernah lihat di TV) indah banget.. Terus kalau ke Papua,, ada Hutan belantara, ada sungai yang jernih abis, ada pantai dengan nelayan yg berlayar,, terus kalau sekarang kaya apa? Hmpf.. kesel saya kalau inget2 soal Pertambangan di Papua soal PT. Free Port yang dikabarkan memproduksi Uranium dari tanah Papua diam2,, saya dapat berita dari link INI.. apalagi kalau inget 

Mandenas juga mengeluhkan, bahwa dewan belum bisa bergerak karena terkendala masalah klasik, yaitu belum ada alokasi dana untuk turun ke lapangan.
 
masa sih? Pemerintahan jaman sekarang emang ga ada dana untuk pemeriksaan? Semua udah terjadi selama 8 bulan (kata artikelnya yg diterbitkan bulan Juni) dan alasannya masih belum ada dana? masa sih?



Yah, terlepas dari itu semua, sekarang aku balik lagi deh soal pulau Jawa,,(ga usah2 jauh2 dari rumah saya dulu deh.. ) Kalau aku liat, pembangunan di bidang pertanian cukup bagus, waktu itu bahkan presiden sempat ke sukabumi untuk melihat kesuksesan pertanian. Jadi, kalau kata saya sih pembangunan di pulau jawa itu sebaiknya lebih ke sektor pertanian, soalnya kalau dipake pabrik2 kayanya kurang cock dengan keadaan jawa yang sebenarnya subur dan pas untuk sumber pangan di Indonesia.. sayang banget kalau inget nama2 buah/sayur Jambu Bangkok, Durian Montong, Pepaya Bangkok, dll itu kan nama tempat di luar negri (Bangkok tahu lah..? Montong nama daerah di luar negri) pdahal tanamannya kan ditanem ditanah indo juga.. kenapa gak kaya Jeruk Bali, Apel Malang dll, keren kan?


Tapi kalau pandangan aku sekarang sih ya,, pembangunan itu lebih atau terlalu terfokus di Jakarta (Tetep ada di Pulau Jawa kan?) akibatnya urbanisasi kesana tinggi banget,, Coba kalau di daerah Pulau Jawa lebih ditingkatkan ke Pertanian dan Perhutanan,, kayanya industri2 gitu juga boleh mulai disebar pembangunannya supaya merata, ke kalimantan mungkin? Atau ke Papua dan Sulawesi? Jadi bayangan nyari duit banyak itu gak cuman di Jakartaaa aja.. Ini sih opini aja gan :D


Intinya sih, aku pengen nyampein aja kalau pembangunan di daerah pulau jawa itu sekarang kurang pas lah,, penduduk bayak banget, tanah abis buat bikin rumah, padahal kan subur banget? Kayanya tanah di jawa lebih subur dari di kalimantan (kayanya, aku ak tahu juga sih :D).. Makanya, pembangunan di bidang pendidikan kaya pabrik makanan mungkin? Atau Gudang beras? Soalnya Jawa itu cocok jadi tiang pangan Indonesia deh.. :D


Yah, sekian aja kali ya? Saya sudah ngantuk nih gan, komen2nya ya..


oh iya, ada artikel yg mengilhami saya nih,,tapi saya ak dapet linknya,, pokonya soal pemindahan ibukota negara jakarta ke klaimantan kalau gak salah,, udah agak lama soalnya,, hehe makasih gan..! :D

sumber gambar :
http://diperta.jabarprov.go.id/assets/images/berita/sawah2.jpg
http://www.indonesia-property.com/bilder/pi/2007/bersih/1469_big_3_pabrik_narogong4.jpg

aduh, maaf kalau saya gak izin dulu nih gambar, tapi saya cantumin linknya ko? :D saya gk tahu hrs gimana kalau izin dulu.. :D ini cuma buat info aja, sekalian share gambar yg dilink di atas :D

0 comments:

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More