Senin, 22 Februari 2010

Bungkuk? Periksa tas anda!!


Tulang belakang merupakan salah satu penyangga tubuh terbesar dalam tubuh kita. Dengan adanya tulang belakang, manusia dapat berjalan serta berdiri dengan tegak dan mempesona. Tetapi sangat disesalkan, beberapa kelainan dapat terjadi pada pertumbuhan tulang belakang, yakni kifosis (bungkuk), lordosis (pinggang condong kedepan) serta skoliosis (tulang belakang melengkung kesamping). Para pelajar diskeolah sangatlah rentan terkena gangguan-gangguan tersebut, mengapa?


Keseharian pelajar disekolah mengharuskna mereka membawa tas kesekolah. Terkadang, dalam 1 hari mereka harus membawa begitu banyak buku yang membebani tas mereka. Ada beberapa jenis tas yang umum digunakan oleh pelajar yakni tas soren (menyamping) dan tas punngung (ransel). Lalu, apakah pemilihan jenis tas dapat mempengaruhi kondisi tulang belakang mereka? Jawabannya adalah Ya, dapat.

Beragam jenis tas menimbulkan beragam beban pada tulang belakang para pelajar. Apabila beban tas terlalu berlebihan (sangat berat) terkadang untuk membawa tas kesekolah, pelajar berjalan dalam keadaan bungkuk. Memang bungkuk yang masih ringan tidak begitu mengganggu, tetapi tetap saja harus diatasi sejak dini agar tidak menyebabkan beragam kelainan dimasa yang akan datang. Disinilah sains mulai bermanfaat bagi keseharian pelajar.

Dalam kegiatan sehari-hari, disarankan pelajar tidak membawa tas dnegan bobot berat berlebihan. Saya rasa, tas ransel itu lebih aman dari tas soren, mengapa? Karena tas ransel mampu membantu tulang punggung menjadi lebih tegak (lho, bukannya justru banyak yang bikin bungkuk?). Anda tahu mengapa sekarang ini banyak pengguna tas ransel yang 'agak' bukngkuk? Cara mereka mengenakan tas adalah salah. Dalam segi ergonomis, saya rasa sebaiknya tas digunakan tidak terlalu bawah, sebaiknya agak atas agar dapat menopang tulang belakang tetap pada posisi tegak. Tetapi, sekarang ini banyak yang menganggap hal itu justru aneh untuk dilihat, 'terlalu atas' katanya.

Mungkin memang benar, tetapi, saya rasa dengan menggunakan tas secara tepat mampu menopang tulang belakang sehingga terhindar dari beragam kelainan tulang belakang seperti kifosis, lordosis dan skoliosis. jadi, pilihlah tas yang paling tepat menurut anda, dengan cara penggunaan yang tepat! Sehingga tidak bungkuk, bengkok atau bahkan terlalu busung.

Selain penggunaan tas yang kurang tepat, beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan tulang belakang pada pelajar adalah sebagai berikut :

1. Sikap duduk dikelas yang kurang baik. Sikap duduk yang baik adalah sikap sempurna dan tegak.
2. Cara tidur dirumah.
3. Kebiasaan duduk dirumah.
4. Keseharian mengangkat beban berat dirumah.
dll.

2 comments:

bluepurple mengatakan...

uduuh.. model na ganti eunk jadi si danny..
harus bayar royalti tah ka si danny!

M. Teguh G. mengatakan...

@Bluepurple ya, haha :D

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More