Minggu, 28 Februari 2010

Mengapa Deterjen bisa membersihkan Noda???

Saat pakaian kita terkena noda, baik noda kecap, tanah ataupun cat, deterjen dapat membersihkan pakaian kita. Sebenarnya, mengapa deterjen bisa membersihkan noda? Bagaimana cara kerja deterjen ini? Mari kita telaah bacaan berikut.

Deterjen merupakan senyawa kimia yang terdiri dari Liofil (suka air) dan Liofob (tidak suka air). Ketika deterjen dicampurkan dengan air, maka liofil akan bercampur dan deterjen meresap kedalam serat-serat pakaian. Didalam pakaian, Liofob tidak mau bergabung dengan air, sehingga lebih memilih mengikat kotoran/noda yang ada diserat pakaian, dan membawanya keluar dari pakaian. Sehingga pada saat pakaian dikeluarkan dari air deterjen, kotoran berkurang.

Lalu, apakah benar seperti itu? Sebagai pelajar, kita harus punya sikap ragu dan tidak mudah percaya terhadap penjelasan. Salah satu cara membuktikan apakah benar, deterjen terdiri dari Liofil dan Liofob adalah melalui eksperimen berikut.

Alat dan bahan
1. Gelas Ukur
2. Pengaduk
3. Air bersih
4. Deterjen/sabun
5. Minyak

Tujuan
Membuktikan apakah benar deterjen terdiri dari Liofil (yang menyukai air) dan Liofob (yang tidak suka air).

Langkah Kerja
1. Campurkan air bersih dan minyak didalam gelas ukur.
2. Aduk air dan minyak. maka, walau bagaimanapun air tidak akan bercampur dengan minyak.
3. Masukkan air deterjen kedalam campuran air dan minyak yang terpisah.
4. Aduk, maka air dan minyak akan bersatu.
5. Buat hasil pengamatan.

Berdasarkan eksperimen, ternyata air dan minyak dapat bersatu apabila diberikan deterjen didalamnya. Hal ini membuktikan dalam deterjen ada yang mengikat minyak dan ada yang mengikat air. Berarti, ada yang menyukai air dan ada yang lebih menyukai minyak dari pada air. hal itu kita sebut Liofil dan Liofob. Mengerti kan? Silahkan dicoba, semoga info ini bermanfaat!!

4 comments:

Far4dhis mengatakan...

lucu,,,
niatx sih mau disensor...
tapi......
hahai.. ktauan..
:)

M. Teguh G. mengatakan...

@far4dhis
ya.. malah itu yang dikomentarin.. hehe tp gpp lah. Soalnya blog itu sebisa mungkin artikelnya jangan dikomersialkan. hehe

annie_ochie mengatakan...

iii mnariik artikel'a.. hheu

skarg ak tw knpa pake deterjen bwt nyuci pakaian..
^^

M. Teguh G. mengatakan...

@ annie_ochie
wah.. makasih annie_ochie!! Ya, deterjen itu bisa buat nyuci soalnya ada zat Liofil dan Liofobnya. Tapi, penggunaan deterjen berlebihan bisa berakibat buruk. Misalnya kita membuang limbah air cuci kesungai, nanti kalau banyak busanya bisa nutupin permukaan sungai. Kalo udah ketutup, sinar matahari kehalangin, mahluk hidup spt plankton2 gak bisa menghasilkan Oksigen. Nantinya jadi banyak ikan mati.. Yah.. sewajarnya saja lah.. Tq ya annie_ochie kebetulan nih aku lg OL hehehe skalian bales aja.

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More