Selasa, 16 Februari 2010

Perpustakaan Digital


Di era modern ini, setiap orang sangat memerlukan beragam informasi sebagai bekal dalam menjalani kehidupannya. Tak terkecuali para pelajar, mereka memerlukan informasi-informasi mengenai pelajaran, bahkan berita terbaru. Salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi oleh para pelajar adalah perpustakaan sekolah. Diperpustakaan, terdapat buku-buku yang dapat menjawab beragam pertanyaan para siswa serta sebagai media pembelajaran diluar kelas. Tetapi sayang sekali, minat baca remaja yang masih rendah membuat perpustakaan kerap kai terlihat sepi pengunjung.

Saya rasa, ada beberapa hal yang menyebabkan perpustakaan kurang diminati pelajar disekolah, diantaranya :

1. Siswa yang berkunjung ke perpustakaan terkadang dicemooh oleh teman-teman satu perguruannya sebagai orang yang sok rajin, kutu buku atau cemoohan lainnya.
2. Kondisi perpustakaan tidak selalu sebaik yang diharapkan. Terkadang perpustakaan penuh dengan debu, buku-buku tidak terawat, bahkan habis dimakan tikus atau cepat tutup, sehingga mengurangi daya tarik perpustakaan bagi pelajar.
3. Minat baca siswa masih rendah.
4. Kualitas isi buku diperpustakaan kurang baik.
5. Buku kurang variatif.
6. Sulit mencari buku yang diinginkan.
7. Jumlah buku terbatas.

Karena belajar merupakan proses yang sangat penting bagi para remaja, apakah kita hanya akan terdiam meratapi kelemahan-kelemahan perpustakaan tersebut? Katakanlah, "Tidak!" karena kita masih memiliki sebuah solusi untuk mengatasi semua kelemahan itu, yakni dengan mewujudkan sebuah revolusi perpustakaan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi, yakni "perpustakaan digital".

Menurut saya, perpustakaan digital dapat diartikan sebagai perkembangan dari perpustakaan terdahulu dan memiliki beragam kelebihan. Beberapa kelebihan perpustakaan digital  yang saya rasakan dibandingkan peprustakaan terdahulu adalah sebagai berikut:

1. Mencari Informasi menjadi lebih mudah dan menarik. Dengan berbagai fasilitas dalam komputer seperti search atau find, maka banyak siswa akan merasa lebih mudah dalam mencari informasi. Selain itu, hal tersebut dapat menjadi salah satu daya tarik perpustakaan digital sehingga minat baca pelajar dapat merangkak naik.
2. Memudahkan menyimpan beragam informasi. Semua ini karena dengan perpustakaan digital, 1 komputer mampu menyimpan ratusan atau bahkan ribuan buku yang hanya akan mempersempit perpustakaan terdahulu, sehingga jumlah buku lebih banyak dan informasi menjadi lebih variatif.
3. Kualitas buku tetap terjaga. Dengan perpustakaan digital, buku yang ada tidak akan lapuk dimakan usia atupun dimakan hama tikus sehingga tetap berkualitas dalam jangka waktu lama.
4. Mampu menciptakan generasi muda yang paham teknologi. Dengan perpustakaan digital ini, siswa diharapkan mampu mencari informasi sambil belajar menggunakan teknologi modern yakni komputer. Dengan pembelajaran tersebut, akan tercipta generasi modern dan tidak gaptek (gagap teknologi).

Jadi, perpustakaan sekolah sangat baik sebagai penunjang proses belajar para siswa disekolah. Tetapi, akan lebih baik apabila menggunakan perpustakaan digital yang mampu meningkatkan minat baca para siswa menggunakan beragam teknologi yang telah dikembangkan. Memang teknologi kini telah mengambil peran yang sangat besar dalam kehidupan manusia, termasuk para pelajar disekolah. Penggunaan teknologi disekolah sangat penting, bukan hanya perpustakaan digital, tetapi infocus serta laboratorium (komputer, IPA, bahasa, dll.) sebagai hasil perkembangan teknologi sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM). Akhir kata, mari manfaatkan teknologi  disekolah for a better future!!!

0 comments:

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More