Selasa, 16 Februari 2010

Pemanfaatan Seni Disekolah

Seni merupakan suatu hasil karya manusia. Seni memiliki beragam nilai dalam sebuah karya. Salah satu karya seni Indonesia adalah Kacapi. Kacapi merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat. Kacapi biasa dimainkan beriringan dengan suling. Alunan musik kacapi suling, kerap kali membawa pendengar terbawa kedalam imajinasi yang menghanyutkan dan mampu menghilangkan semua beban yang ada. Seolah kembali kekampung halaman yang indah nan permai... ~_~

Musik kacapi suling yang mampu menghanyutkan saya rasa sangat pas untuk dijadikan musik selingan dalam waktu Istirahat siswa siswi disekolah. Musik ini cukup efektif untuk menenangkan pikiran para pelajar. Tetapi, sebaiknya musik ini diperdengarkan hanya dikawasan tertentu. Karena tidak semua orang menyukai musik ini.

Hal yang telah saya uraikan tadi merupakan salah satu contoh pemanfaatan seni yang dapat dilakukan dikawasan sekolah. Masih ada banyak sekali pemanfaatan seni yang dapat dilakukan untuk menunjang proses pembelajaran disekolah. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Melukis Dinding Kelas
Siswa siswi disekolah memiliki selera masing-masing. Tiap anak memiliki motivasi tersendiri yang mampu mendorong semangat mereka untuk terus belajar. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendorong semangat siswa dalam belajar adalah dengan menyediakan lingkungan belajar sesuai dengan keinginan pelajar. Cara untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan, salah satunya dengan melukis dinding kelas. Selain mampu memupuk rasa persahabatan antar siswa, dengan melukis dinding kelas mampu mendorong semangat atau aura positif bagi para siswa untuk belajar lebih giat lagi. Keuntungan lain dari melukis kelas adalah kemampuan seni siswa dapat disalurkan sehingga meja tidak lagi penuh dengan coretan, tapi dinding menjadi media penyaluran keinginan untuk berkreasi.

2. Memasang hasil karya siswa
Seseorang tentu memiliki harapan tersendiri dalam mebuat suatu karya seni, begitupun para pelajar. Terkadang mereka merasa jenuh atau bahkan tidak bersemangat dalam menuntut ilmu disekolah. Salah satu cara untuk mendorong semangat belajar mereka adalah dengan memajang karya seni para pelajar baik dikelas masing masing maupun disepanjang lorong sekolah. Dengan terpajangnya karya buatan siswa, diharapkan siswa memiliki rasa bangga dan semangat untuk bersekolah.

3. Mengadakan Pentas Seni Pelajar
Pentas seni pelajar dapat dijadikan suatu ajang persaingan para siswa dalam menampilkan karya seni hasil ekspresi jiwa mereka sendiri. Dengan diadakannya pentas seni, para siswa akan mempelajari arti sebuah kompetisi, serta mempererat tali persahabatan antar siswa. Selain itu, dengan adanya pentas seni membuat siswa siswi merasa tidak jenuh untuk datang kesekolah dan lebih semangat dalam menuntutn ilmu.

Pemanfaatan Seni dilingkungan sekolah dapat membuahkan berbagai hasil. Diantaranya adalah menumbuhkan semangat belajar para siswa, mempererat rasa persahabatan antar siswa, mengajarkan siswa akan arti kompetisi dan memperindah lingkungan sekitar sekolah. Selain itu, dengan mengadakan pentas seni, maka seni para siswa dapat tersalurkan.

2 comments:

Far4dhis mengatakan...

tnang guh....
qu suka banget sama yg manax KACAPI....
love you kacapi.....
hwahahahah

M. Teguh G. mengatakan...

@Far4dhis
wah, bagus banget kalau Far4dhis suka kacapi!!
Memang kemampuan intelegensi itu sebaiknya diiringi kemampuan seni atau bahasa sehingga sosial, emosional serta intelegensi dapat maju secara seimbang!

Apalagi kacapi merupakan seni tradisional! semoga far4dhis bisa membantu perkembangan seni Lokal ya! supaya tidak kalah dari seni interlokal? n_n

Akan lebih baik lagi, apabila far4dhis lebih giat di ekstrakulikuler seni daerah (ARSENTIE SMAN 3 Kota Sukabumi) untuk kecapi suling, latihan tiap hari Senin, sepulang sekolah. Jangan lupa ya!

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More