Sabtu, 17 Juli 2010

Hem.. Jaman Dulu..



Hari ini, aku dapet cerita nostalgia ortu.. hehehe :D
Bapak kelahiran tahun 46, ibu kelahiran 54. Mereka sibuk,, kalau bahasa sundanya itu 'alewoh' menceriterakan pengalaman dan kisahnya jaman dulu, sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno sampai Soeharto. Mau tahu ceritanya? Menarik juga.. :D

Jadi gini, awalnya kita lagi nonton sebuah acara mencari bakat di Televisi, eh, banyak banget budaya luar yang tampil di sana, padahal judulnya ada Indonesia-Indonesianya gitu. Kalau aku sih, biasa aja ya, soalnya budaya sekarang udah banyak campur-campur. Tapi, aku tetep dengerin cerita ortuku..
Katanya, jaman dulu itu grup band yang lagunya jingkrak2 atau sambil lompat2 dan kawan-kawannya lah.. DILARANG..!! Pernah suatu ketika, katanya grup band yg lagunya jingkrak2 itu ditangkap dan ditahan. Lalu mereka diberikan ibaratnya mungkin ceramah atau tausiyah dari sang Persiden, garis besarnya kaya gini kali :

"Kamu! lagu apa itu? lagu dari mana? Buat apa gitu-gituan? Kamu itu terkenal?! Kalau banyak yang ngikutin kamu siapa yang bangga? Emangnya itu dari negara mana? Angkat Budaya Indonesia dong..!" Mungkin..

Kalau aku pikir-pikir bener juga..!! Sekarang apa lagi. banyak dance2 luar negeri yang masuk,, malah dalam acara televisi itu, tari tradisional kalah sms oleh dance modern.. sedih kan? Aduh,, jangan bilang harus nge sms ya.. bokek pulsa..padahal kalau kata aku sih,, tari tradisional di tv yg ikut kompetisi itu jauh lebih energik, lebih ceria, lebih menghibur, tapi yah,, mungkin kurang peminta? eh peminat pdhl keren loh!! kayanya emg kurang sms..

coba kalau yg modern atau yg luar negeri2 gitu banyak ditivi, akibatnya remaja2, anak2 kecil nganggepnya yg begitu yg keren.. balikin dong!!

Katanya,
kalau jaman dulu itu, bukan cuma musik2 luar yg jangan, tapi juga lagu sedih seperti 'lagu patah hati' yang kalau kita liat sekarang? Booming dimana2.. bertolak belakang banget ya? Malah katanya, dulu juga ada penyanyi lagu sedih, patah hati gitu, DITANGKAP juga..!! Terus diberi tausiyah juga,, mungkin kaya begini,,

"Lagu apa itu? Buat apa lagu kaya begitu? Bikin lagu lain dong! Lagu yang bikin semangat! Bukan lagu yang bikin lemes n loyo kaya begitu!!" Mungkin..

Yah,, sedih juga sih, soalnya saya salah satu penggemar istilahnya lagu 'cengeng' XD
Tapi, jaman dulu itu yg dikasih tausiyah gituan teh bangga lho!! meteka malah jadi sukses sesuai usulan Presiden pertama kita.. katanya

Terus
kayanya apa yg ditakutkan oleh Presiden kita terdahulu meman mulai menjadi kenyataan..
"Suatu saat kebudayaan kita akan dihapus.." itulah ketakutannya,,katanya,,

Sekarang kalau kita lihat seseorang pake kebaya.. aneh..
Kalau ada seni tradisional.. unik dan aneh..
Padahal itu dari negara kita sendiri... ya toh?

Coba deh...
Mari kita tengok seleb2 yang ada di indonesia.. wajahnya banyak yang kaya bule2.. ya ampun laris banget yang mukanya kaya bule di tv, berasa nonton tv luar negeri tiap hari ya? Dandanannya juga kaya dandanan luar negeri, emang sebenernya dulu juga boleh budaya luar, tapi dipilihnya bener2 selektif, gak cuman asal masuk gitu aja,, kalau dulu ada yg pake hotpants mungkin langsung jeblos deh.. jeblos ke penjara XD

Terus,, masih ada,,
ya ampun,, bapak dan ibu saya ceritanya gak berhenti2 juga nih,, penuh semangat :D 

katanya,, 
jaman dulu,, Indo itu berkibar di dunia internasional, giginya udah keliatan gitu. mau bulu tangkis, mau balap sepeda, mau balap lari, oke oke semua. Biar hadiahnya dibilang kurang atau gak ada duitnya, tapi mereka dielu-elukan oleh masyarakat Indonesia.. keren kan? Itu pasti jadi suatu hadiah yg lebih dari sekedar uang..

Tapi sekarang? Yg olimpiade aja.. gak terkenal XD siapa yg menang olim fisika 2008? 2006? 2007? 2005? I don't know deh.. (kalau aku) haha :D (jangan ketawa liat kondisi kaya begini..!!)

Jaman dulu..
yang namanya preman2 itu ampe pada ngapusin tatonya lantaran takut sama polisi,,!! kalau sekarang? kayanya engga deh.. :D

Budaya kita sekarang sudah mulai luntur.. yg namanya senyum setiap jalan, minimal 7 detik deh,, udah jarang,, ketemu orang lain malah dicemberutin,, aduh kalau bule aja dideketin XD mulai deh,, biar aku sendiri mungkin belum ya? Soalnya kalau aku ngingetin apa2...(nada naik) gitu suka jatohnya komen kaya gini nh..

"Banyak sih yang ngingetin, tapi sedikit yg ngelakuin sebelum ngingetin.." Bener juga lo..!! Cuman,, yg kaya begitu kayanya bikin GA ADA orang yg mau ngingetin sesama lagi, kalau belum, ngingetin dipoyok,, ga ngingetin dilebok capedeh..

Aku cuma pengen ngingetin aja, mulai sekarang nih, hayu kita jaga budaya negara kita..!! Kalau kebetulan nih, ada orang2 pertelevisian baca artikel2an ini.. Coba deh mungkin pembaca berita pake kebaya, jangan baju ala kantor luar negri, jas, blazer, atau apalah.. kan lumayan melesarikan budaya negri, bener ga? Coba juga mulai dari tatakrama kita deh, lebih sopan dan santun, senyum ramah, tapi tentu tetap waspada. Kalau bisa juga,, adain pencarian bakat indonesia itu yg bener2 seni indo dan bakat indo yg dicari, BUKAN BAKAT SENI LUAR ataupun lain2 yg LUAR INDO.. emang sih biar kita agak ghaoll juga ya? Tapi, 1 aja acara yg bener2 indo deh,, atau sekalian aja bikin stasiun tv 'indonesia' keren kan?

Aduh, jaman sekarang,,
makanan aja dicaplok luar negeri,, jarang ada yg tahu makanan laksa, karedok, lotek, lengko, aduh,, kayanya kalau di kota besar emang agak susah kali ya? Coba deh,, jamurin lagi makanan2 tradisional.. kalau mau resep2 i.allah aku bisa bantu deh,, (tanya2 ke ibu hahay :D)

jadi, sekarang kan udah jauh dari jaman soekarno-hatta ataupun soeharto,, kita juga udah lebih baik di beberapa sektor mungkin (kan relatif, bener gak?) jadi, gak ada salahnya kalau kita terus ningkatin kemajuan yg diusahakan pemerintah (aku yakin deh, pasti semua pemerintah pengen kemajuan, kecuali yg suka jual2 aset negara ke luar negeri X( mungkin.. kan relatif XD)

Kalau punya buku paket belajar di sekolah juga,, jangan langsung dibuang, wariskanlah kepada adik2mu,, jadi mereka gk perlu beli2 buku lagi,, kayanya pendidikan mahal juga gara2 buku yg genti2 SETIAP TAHUN mahal kan jatohnya?

yaudah sih, aku gk berhak juga ngingetin banyak2, aku juga belum ngelakuin semua yg aku tulis di atas,, sekali lagi ini ngingetin aja. :D

2 comments:

Rachmat Subagia mengatakan...

hha teguh...
keren.keren..asik dah baca nya..

lanjutkan!!!

M. Teguh G. mengatakan...

sip! Lanjutkan!! :D

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More