Kamis, 05 Agustus 2010

Selamat Puasa Atau Shaum?



Di Indonesia, kita seringkali menemukan pamflet atau menonton iklan dengan kata-kata "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa". Lalu, apakah Puasa itu?

Sebenarnya, kata puasa berasal dari bahasa sansekerta yakni "Upawasa" yang berarti menyiksa diri untuk meningkatkan kekuatan jiwa (Sumber). Nah, terus yang kejadian sekarang2 kaya gimana?

Banyak banget ucapan di kartu-kartu atau lewat sms "Selamat menjalankan Ibadah Puasa" padahal dalam Al-Qur'an (kalau aku baca sih..) ga ada kata "Puasa" yang ada itu "Shaum". Nah, terus kalau kita ngucapinnya puasa gmn ya? Aku juga gak tahu hukumnya sih, tapi kalau infak, sodakoh, zakat, sholat, semuanya ada kata-katanya kan di Al-Quran (mirip2 gitu deh) soalnya emang itu namanya kayaknya..

Jadi, sekarang mau pake kata Puasa atau Shaum? Kayanya sih kalau kata aku Shaum, soalnya jelas2 udah ada di Al-Qur'an, jangan ganti2 Istilah Agama lah,, :D


يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Al-Baqarah 183

0 comments:

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More