Kamis, 18 November 2010

Internet Sehat


Internet Sehat
Mohamad Teguh Gumelar



            Menjadi pelajar terkadang memberi kita waktu luang yang begitu luas, terutama saat musim libur tiba. Beragam jenis kegiatan dapat kita lakukan untuk mengisi waktu tersebut, termasuk berinternet atau yang populer dengan sebutan ngenet.
            Berinternet bagi seorang pelajar di era globalisasi kini bukan lagi hal yang aneh. Saya pribadi baru mengenal internetsejak duduk di bangku kelas 7 SMP, itu pun hanya googling image/web. Kini dalam kaca mata saya, anak-anak SD pun sudah dapat menggunakan internet. Hal tersebut tentu menjadi sebuah kemajuan bagi saya, karena dengan sampainya internet di dunia anak maka mereka akan mampu menatap dunia global dengan lebih cepat. Tapi tentu saja hal tersebut tidak semata-mata memberikan dampak positif, tetapi juga membawa beberapa pengaruh negatif bagi anak. Beberapa diantaranya dapat disebabkan oleh orang dewasa yang menggunakan internet dengan tidak sehat.
            Lalu, seperti apa internet sehat itu? Bagi saya, internet sehat bukan hanya terbebas dari website yang berbau SARA dan Pornografi, tetapi juga mampu memberikan informasi aktual yang bermanfaat bagi kalangan umum, seperti pengetahuan dan informasi beasiswa. Tentu saja hal tersebut tidak akan dapat terwujud tanpa peran aktif para pengguna internet dalam menciptakan sebuah dunia maya yang bisa membantu kegiatan kita sehari-hari para surfer. Nah, pada hal tersebut blogger-blogger di Indonesia dapat turut berpartisipasi dengan memberikan beragam informasi yang bermanfaat sehingga pengguna internet dapat memanfaatkan internet dengan maksimal.
            Mengelola blog atau yang sering dikenal dengan istilah blogging tidak hanya mampu mengisi waktu para pelajar yang cukup luang, tapi juga mampu mendatangkan keuntungan bagi siapa pun yang benar-benar konsisten dalam menjalankannya. Blogging yang merupakan salah satu contoh penggunaan internet sehat selain memberikan tempat bagi para pelajar untuk berbagi pengetahuan dan wawasan, blogging juga dapat memberikan kesempatan bagi pelajar untuk berkompetisi dalam berbagai ajang perlombaan blog. Salah satu contoh kompetisi blog yang pernah saya ikuti adalah Lomba Blog UII . (Yah, walaupun selalu kalah, tak ada kata menyerah!!!)
            Dalam kompetisi tersebut saya dapat mengambil pengalaman yang cukup berharga dan mendapatkan teman baru. Hal tersbut juga memotivasi saya untuk terus blogging sehingga blog ini dapat dikenal banyak orang dan membantu pelajar lain dengan berbagi wawasan serta pengetahuan. Dengan penggunaan intenet dengan sehat, siapapun bisa hebat!!
            Saya rasa penggalakkan internetsehat di Indonesia masih harus dilaksanakan sehingga penyimpangan penggunaan internet yang pernah saya survey melalui angket pada tahun 2009 di sebuah sekolah menengah atas dapat mnurun dari 40% menjadi 10-15%. Ayo gunakan intrenet dengan sehat demi masa depan yang lebih cerah! Do it immediately!

sumber gambar:

0 comments:

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More