Minggu, 16 Januari 2011

Belajar di Kanada, siapa takut...?

Belajar di Kanada, Siapa Takut..?
Mohamad Teguh Gumelar


Melanjutkan studi di luar negeri tentu menjadi impian banyak orang. Ada berbagai hal yang dapat menjadi pendorong untuk lebih memilih belajar di negara lain dari pada di negara sendiri, setidaknya terdapat 10 alasan sebagai berikut :
  1. Adanya kesempatan menikmati pendidikan kualitas internasional yang diakui secara global
  2. Adanya infrastruktur kualitas tinggi yang dapat menunjang pembelajaran
  3. Adanya kesempatan untuk travelling sambil belajar
  4. Adanya kesempatan memperoleh dana penelitian yang tidak tersedia di Indonesia
  5. Membuka kesempatan mempelajari bahasa secara optimal
  6. Membuka kesempatan untuk menjalin persahabatan atau pun kerjasama dengan masyarakat dunia
  7. Membuka cara pandang global
  8. Membuka kesempatan kerja lebih luas
  9. Membuka jendela wawasan mengenai kebudayaan serta kehidupan sosial masyarakat asing
  10. Menumbuhkan rasa keinginan untuk memperbaiki negeri asal sehingga bisa lebih baik dari negara tempat belajar.
Anda pelajar SMA? Atau ingin melanjutkan studi ke luar negeri?  Simak terus ya.. :)

Untuk belajar di luar negeri tentu saja diperlukan kemampuan, wawasan, pengetahuan serta keberanian lebih untuk menjelajahi dunia pendidikan yang lebih luas.
Karena itu, persiapan yang matang sangat diperlukan agar kesempatan yang ada tidak menjadi sia-sia. Salah satu negara yang banyak menjadi tujuan studi pelajar internasional adalah Kanada. Salah satu hal yang diperlukan tentu saja kemampuan berkomunikasi yang baik dengan cara lisan maupun tulisan dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Selain itu, umumnya persyaratan calon peserta didik/mahasiswa internasional di Kanada menyaratkan kepemilikan salah satu skor standar dari ujian kecapakan bahasa sebagai berikut :

  • Test of English as a Foreign Language (TOEFL)
  • International English Language Testing System (IELTS)
  • Test of English for International Communication (TOEIC)
  • Canadian Academic English Language (CAEL) Assessment.

Adapun bahasa resmi di Kanada adalah Bahasa Prancis dan Inggris, sesuai dengan status Kanada yang merupakan negara Francophonie dan Persemakmuran dengan alokasi dana GDP sekitar 1.88% untuk Penelitian dan Pengembangan IPTEK (Research and Development). Kanada menempati peringkat ke 12 di dunia sebagai pengguna internet terbesar dengan jumlah pengguna 28.0 juta pengguna yang merupakan 84.3% dari penduduk total Kanada. Budaya Kanada secara besar dipengaruhi budaya dan tradisi Inggris dan Prancis sebagai akibat masa kolonialnya dahulu. Selain itu, budaya Kanada juga dipengaruhi oleh budaya Amerika yang dekat dengan Kanada.

Kanada merupakan sebuah negera dengan luas 9.970.610 km persegi yang mencakup setengah dari wilayah Amerika Utara dengan zona waktu sebagai berikut.


Nama kanada sendiri berasal dari St. Lawrence Iroquoians yakni Kanata yang berarti pemukiman. Negeri dengan lambang daun mapel pada benderanya dan ber-Ibu Kota di Ottawa ini merupakan negara maju dengan teknologi dan kualitas pendidikan yang tinggi. Salah satu bukti kualitas pendidikan tersebut adalah adanya penemu supernova termuda yang berasal dari Kanada, yakni Kathryn Aurora Gray yang berusia 10 tahun. Beberapa Universitas yang terkendal di Kanada adalah McGill University (Peringkat 19 Dunia), University of Toronto (Peringkat 29 Dunia) dan University of Britsh Columbia (Peringkat 44 Dunia).

Kanada bisa disebut sebagai negara tujuan yang tepat bagi para pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri, sebab mahasiswa internasional di Kanada kini diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja setelah diadakannya ijin terbuka melalui program Post-Graduation Work Permit, tanpa adanya pembatasan jenis pekerjaan maupun keharusan memiliki tawaran pekerjaan. Selain itu, jangka waktu ijin kerja menjadi 3 tahun di lokasi manapun di Kanada yang semula hanya 1-2 tahun tergantung lokasi yang dipilih. Hal tersebut tentu menjadi hal yang sangat positif, karena pelajar dapat memperoleh pengalaman kerja yang berharga setelah kelulusan mereka. Selain itu, Kanada membuka kesempatan bagi para pelajar yang ingin menjadi warga Kanada (tapi saya harap setelah lulus dari Universitas di luar negeri, pelajar Indonesia dapat kembali ke nusantara untuk membangun bangsa..)

Sebagai negara maju, Kanada memiliki hamparan hutan yang cukup luas, pegunungan yang berjajar (termasuk pegunungan Rocky di Alberta dan British Columbia) serta mata uang : Dollar Kanada yang sama dengan 100 sen. Kanada sendiri terbagi atas 10 provinsi sebagai berikut :



Berdasarkan Ukuran Universitas (kapasitas penerimaan mahasiswa internasional), Universitas di Kanada dapat dikelompokkan sebagai berikut :

Universitas Besar
Universitas berikut ini mampu menerima hingga lebih dari 20.000 mahasiswa.
  1. University of Toronto (Toronto, Ontairo)
  2. McGill University (Quebec)
  3. University of Western Ontario (Ontairo)
  4. University of BC (British Columbia)
  5. Queen's University (Ontario)
  6. University of Alberta (Alberta)
  7. Universite de Montreal (Quebec)
  8. Universite de Laval (Quebec)
  9. Universite de Sherbrooke (Quebec)
  10. University of Saskatchewan (Saskatchewan)
  11. University of McMaster (Ontario)
  12. University of Ottawa (Ontario)
  13. University of Calgary (Alberta)
  14. Dalhousie University (Nova Scotia)
Universitas Menengah
Universitas/Sekolah berikut ini menerima pelajar sarjana maupun pascasarjana, tapi umumnya kurang dalam pendidikan medis.
  1. University of Waterloo
  2. University of Victoria
  3. Simon Fraser University
  4. University of Guelph
  5. Memorial University
  6. University of Regina
  7. University of New Brunswick
  8. Carleton University
  9. Concordia University
  10. York University
Universitas Kecil
Sekolah/Universitas berikut ini fokus dalam mengajari mahasiswa program sarjana.
  1. St. Francis Xavier University
  2. Mount Allison University
  3. Acadia University
  4. University of Northern BC
  5. Bishop's University
  6. St. Thomas University
  7. St. Mary's University
  8. Trent University
  9. University of PEI
  10. Wilfred Laurier University
  11. University of Lethbridge
Jumlah Universitas di Kanada sendiri mencapai jumlah lebih dari 100 dengan total pendaftaran lebih dari 1 juta. Biaya pendidikan di Kanada umumnya berkisar antara $4.000 - $19.000 per tahun. Siswa Internasional di Kanada datang dari >130 lebih negara berbeda, termasuk Korea Selatan, Cina, Jepang, Perancis, India, Meksiko, Jerman, Taiwan dan Hong Kong. Selain itu, kapsitas universitas di Kanada mencapai sekitar 80-60.000 siswa sarjana. Beberapa bidang studi yang paling diminati oleh siswa internasional di universitas Kanada adalah bisnis dan manajemen, administrasi publik, ilmu sosial dan perilaku, hukum, arsitektur dan teknik.


Lalu, bagaimana dengan biaya hidup di Kanada? Sebenarnya biaya pendidikan di Kanada memanglah tidak gratis, tetapi menurut saya relatif terjangkau. Terdapat beberapa jenis biaya hidup di Kanada sebagai berikut :
  • Tarif bus sekali jalan $2,00 - $3,00
  • Pemakaian Telepon Lokal $0,25
  • Makanan Restoran $10,00 - 25,00 per orang
  • Menonton $8,50 - $12,00
  • Pengiriman Surat di dalam Kanada $0,52
  • Mengirim Surat Internasional $1,55
  • *$1 kurang lebih sama dengan Rp. 9150,00

Selain itu, beberapa provinsi memungut pajak pada barang-barang dan jasa pelayanan. Semua provinsi  memungut pajak federal yang disebut Goods & Services Tax (GST) yakni 6 persen dari jumlah pembelian. Untuk mahasiswa internasional yang termasuk tamu, sebagian dari pajak GST ini dikembalikan saat keluar dari Kanada. Tapi ada batasan yang berlaku dan harus menyiapkan bon asli barang yang dibeli. Hubungilah Kantor Pajak Kanada (Revenue Canada) atau sekolah anda untuk keterangan lebih lanjut. Formulir pengembalian GST dapat diperoleh pada gerai informasi di Bandara atau di kebanyakan mal perbelanjaan.

Kesempatan untuk belajar di Kanada tentu saja merupakan sesuatu yang terlalu berharga untuk di lewatkan, termasuk summer course yang segera di adakan oleh CESI (canadian Education Services International)-Indonesia. CESI merupakan perwakilan resmi dari Universitas, perguruan tinggi dan lembaga penidikan Kanada.  Karena itu, mari kita sambut masa depan cerah melalui pendidikan berkualitas di Kanada..!! Untuk info summer course di Kanada, dapat dilihat pada akun facebook CESI.

Sumber Referensi :
http://www.studyandworkincanada.org/ (CESI)
http://www.topuniversities.com
http://www.canadainternational.gc.ca
http://studyincanada-id.com
http://university-world.com/Canada-Universities.html
http://www.university-canada.net/
http://www.studycanada.ca/indonesia/living.htm
http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/11/01/05/156545-gadis-kanada-usia-10-tahun-penemu-supernova-termuda
http://coinmill.com/CAD_IDR.html#CAD=1

Gambar :
http://wwp.greenwichmeantime.com/time-zone/north-america/canada/
http://studyincanada-id.com/images/canada.gif
http://www.wondercliparts.com/holidays/canada_day/canada_day_graphics_03.gif
http://www.currentreports.info/wp-content/uploads/2009/04/university-of-toronto.jpg
http://www.bluechipedu.com/images/University%20of%20Victoria.jpg

5 comments:

anandia's blog mengatakan...

bagus a :D
keren ya anak 10 thn udh bs nemuin supernova,eh $1 tuh kalau di Rp. brpa ? hehe maaf nanda ga tau :)

M. Teguh G. mengatakan...

@anandia's blog Ya, bener keren banget :) 1$ itu sekitar 9150 rupiah (sumber : http://coinmill.com/CAD_IDR.html#CAD=1)

gun gun mengatakan...

Namanya belajar dimana aja oke asal kita punya niat untuk sungguh-sungguh apa lagi di kanada yng terkenl dengan pendidikannya oke saya doain kamu bisa belajar di kanada oke guh maju terus pantang mundur

CESI mengatakan...

hi teguh, wah bagus juga informasi mengenai Kanada nya. Kalau kamu mau ikut aja lomba blog contest CESI dengan tema all about Canada. Coba klik aja infonya di website kami www.studyandworkincanada.org.

Kami tunggu ya partisipasi kamu

M. Teguh G. mengatakan...

@Pa Gun gun : Ya, setuju pak!! :D Amin, makasih pak! :)
@CESI : Ya, sangat berminat!! Saya sudah daftar, terimakasih sudah mau baca artikel ini :)

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More