Sabtu, 29 Januari 2011

Toronto, Ontario, Canada

Toronto, Ontario, Canada
Mohamad Teguh Gumelar


Kanada  memiliki bendera berwarna merah dan putih serta lambang daun maple. Semua itu berawal dari Raja George V pada 1921 yang mengumumkan warna bendera Kanada adalah merah dan putih, sama seperti yang digunakan Inggris. Daun maple sendiri merupakan lambang alam dan lingkungan Kanada. Daun tersebut sebenarnya merupakan tiga daun dalam satu tangkai, dengan 11 titik penjuru yang melambangkan provinsi dan pemerintahan federal Kanada. Namun menurut Luc-Vartan Baronian pada 16 Januari 1998 hal tersebut tidaklah benar, sebab menurut buku Etiquette of the Canadian flag 11 titik daun maple tersebut tidak memiliki arti tertentu. Selain itu, menurut sumber, ternyata daun maple selalu tumbuh dua-dua berlawanan arah dalam satu tangkai. (jujur, saya juga kurang mengerti akan perdebatan ini, yasudahlah, lebih baik langsung baca sumbernya di bawah ya..:))

Negara Kanada sendiri memiliki banyak sekali kota besar, salah satu diantaranya adalah Toronto.

Toronto merupakan sebuah kota di Provinsi Ontario, Kanada. Kata toronto berasal dari bahasa Huron dengan arti bendung pancingan. Selain lembaga pendidikan, fasilitas kesehatan dan infrastruktur lainnya, kota Toronto pun memiliki objek wisata, diantaranya Menara CN (CN Tower).

CN Tower di malam hari


Menara CN terkenal dengan pemandangannya yang indah, tetapi beberapa orang mengeluhkan mahalnya biaya masuk. Dari CN Tower, dapat terlihat pemandangan kota Toronto, bahkan pemandangan siluet saat matahari tenggelam.Selain itu, kita dapat melihat keindahan kota di waktu malam dari ketinggian kurang lebih 553,33 meter.

Pemandangan dari CN Tower

CN merupakan singkatan unutk Canadian National, jadi CN Tower adalah Canadian National Tower. Menara ini merupakan menara observasi sekaligus komunikasi yang sering dikunjungi wisatawan.

Toronto selain sebagai kota yang indah dan ramai juga memiliki fasilitas kesehatan dan transportasi yang memadai. Biaya hidup di Toronto tergolong cukup terjangkau. Berikut beberapa informasi mengenai biaya hidup di Toronto :

Jenis Transportasi Umum
Harga Tiket
Tiket Bulanan
Umum
$2.75
$109
Pelajar
$1.85
$91.25
Tarif khusus untuk pelajar,anak-anak dan mahasiswa serta jam khusus
Sumber: Toronto Transit Commission. 2009

Tipe Rumah Tinggal
Harga
Kualifikasi Pendapatan Rumah Tangga
Standard Two-Storey
$564,600
$126,600
Detached Bungalow
$472,800
$105,900
Townhouse
$400,600
$89,100
Condo
$304,800
$69,700
* Berdasarkan 25% uang muka dan pinjaman hipotek 25 tahun dengan tingkat bunga tetap lima tahun tanpa biaya pemeliharaan.
Sumber: RBC. September 2010

Sebagai kota dengan luas wilayah 641 km persegi, Toronto menjadi rumah bagi beberapa perusahaan kelas nasional maupun internasional.

Selain CN Tower, kota toronto memiliki berbagai rumah makan, karya seni publik dan juga museum. Rumah makan yang terdapat di toronto sangat beragam, ada rumah makan Carribean, Chinese, French, Greek, Italian,  Indian, Japanese, Latin, Mexican, Middle Eastern dan juga Portugis. Selain itu ada Family Dining dan Bars and Grills. Toronto memiliki 250 museum dan lebih dari 2000 karya seni publik.


Royal Ontario Museum, Toronto


University of  Toronto

Jika anda berminat untuk melanjutkan studi ke luar negeri terutama Kanada yang sudah cukup tersohor sebagai negara maju dengan kualitas pendidikan yang tinggi, maka University of Toronto adalah salah pilihan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu Universitas terbaik dan terbesar di Kanada ini menempati peringkat ke 29 dalam urutan peringkat universitas dunia. Selain itu, universitas ini mampu menampung jumlah peserta didik yang cukup besar, yakni lebih dari 20.000 mahasiswa (large university).

University of Toronto

U of T (begitu universitas ini sering disebutkan) juga membuka program penelitian yang disebut dengan Project RAISE (Research Administration Improvement & Systems Enhancement). U of T terletak di Provinsi Ontario, Kanada. U of T memiliki 22 unit akademik sebagai berikut:
U of T sendiri berdiri sejak 1827. Kini sedang dibuka pendaftaran scholarship (beasiswa) dari Connaught International Scholarship untuk Mahasiswa Kedokteran di University of Toronto, Kanada. Ingat! Hanya untuk mahasiswa internasional yang mengajukan beasiswa full time doctoral dengan kohort yang didanai (M.A., M.Sc., MASc, PhD). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik link di atas, pengumuman penerima beasiswa dilaksanakan pada Rabu, 9 maret 2011.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai biaya pendidikan di University of Toronto dengan biaya pribadi :


Fakultas/Jurusan
Biaya Mahasiswa Lanjutan 2010-11
Biaya Mahasiswa Baru 2010-11
Kenaikan Biaya sejak 2009-10
Master of Engineering in Design and Manufacturing Course fee
$2500
$2500
0%
Master of Mathematical Finance
NA
$38,000
2.7%
Dentistry
NA
$34,400
5%
Executive Master of Business Administration
NA
$89,000
4,7%
OISE/UT Laboratiry School : Full Programme
$13,182
$13,844
9%


Akan lebih baik bagi seorang pelajar SMA untuk lebih dahulu mengetahui situasi serta kondisi di dunia perkuliahan, terutama Universitas Luar Negeri seperti U of T ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri terutama U of T adalah dengan mengikuti summer course atau youth summer programme yang terbagi menjadi dua yakni :
  • Junior courses (Pelajar kelas 9 dan 10)
  • Senior courses (Pelajar kelas 11 dan 12) 
Summer course ini berlangsung selama 4 minggu di bulan Juli. Program ini berjalan senin sampai jumat pukul 9.30 pagi sampai 3.30 sore. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menguhubungi CESI Indonesia di facebook (studi di kanada) maupun melalui url http://studyandworkincanada.org

Selain U of T, masih ada banyak lagi universitas ternama dan berkualitas di Kanada, seperti Mc Gill University yang menempati peringkat 19 Dunia, University of British Columbia (44 Dunia), University of Alberta (78 Dunia) dan Queens University (132 Dunia). Karena itu, ada banyak sekali alasan yang dapat menjadi pendorong pelajar untuk melanujutkan studi ke luar negeri, terutama Kanada. Kualitas pendidikan di kanada terbukti mengesankan melalui berbagai prestasi yang diaraih oleh warga negaranya, diantaranya gadis penemu bintang termuda (10 tahun), negara pertama di dunia yang memiliki jaringan komunikasi satelit geostasioner komersial (Anik-A1 pada 1972) serta Negara Inventor Canadarm yang merupakan bentuk kerjasama di bidang ruang angkasa internasional.


Saya rasa dengan belajar di Kanada, tidak hanya menjadi sebuah pengalaman yang berharga, tetapi mampu membuka wawasan global serta pemikiran yang luas mengenai dunia. Selain itu, dengan memperoleh pendidikan yang berkualitas, membuka kesempatan untuk membangun dunia pendidikan di negara asal, Indonesia. Saya rasa dalam kualitas pendidikan sekarang ini kondisi pendidikan di Indonesia sudah cukup baik, hanya saja kurang dikembangkan sehingga para pelajar yang berprestasi akan lebih mampu berkembang di lembaga pendidikan luar negeri, termasuk Kanada. Jadi, tunggu apa lagi? Selama kesempatan masih ada, ayo kita belajar di Kanada! Lumayan kan, sambil belajar sambil travelling serta mencatat sejarah indah di negeri daun maple tersebut :)


referensi :
http://www.canadaimmigrants.com/Torontoliving.asp
http://www.toronto.ca
http://www.tripadvisor.co.id
http://www.utoronto.ca
http://www.university-canada.net
http://scholarships-online.info/2011/01/connaught-international-scholarship-for-doctoral-students-at-university-of-toronto-canada/
http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2010
http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/11/01/05/156545-gadis-kanada-usia-10-tahun-penemu-supernova-termuda
http://flagspot.net/flags/ca.html#mpl

gambar :
http://www.ieee.ca/millennium/canadarm/canadarm_work.jpg
http://www.currentreports.info/wp-content/uploads/2009/04/university-of-toronto.jpg
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQzXC3-uYopsGxJdWAjZFYj94sosRu9JXfLNlqT7sT2uWHlfpux&t=1
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTbULtmofLfku9aG9gqt1LaF8V7yPAS7PFbbHgQdjWIat50gb5C
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS1HRNlIFOyJ9nU4p0IqsMmMZXXg0oGESf-laioqeGuqaydkpCwLg
http://amnl.mie.utoronto.ca/content/toronto_ut.jpg

http://www.doreebonner.co.uk/upload/images/dbi_flag_canada.gif
http://ourfaves.com/place/1039253/knox-college-university-of-toronto-toronto
http://photos.igougo.com/images/p255795-Toronto-View_from_CN_Tower.jpg

0 comments:

Posting Komentar

Takkan ada kemajuan tanpa komentar..
Mohon komentarnya :D

Seberkas Untaian Kata

Hidup lebih dari sekedar keabu-abuan dari 2 sisi kehidupan, hitam dan putih. Tetapi hidup ini bagaikan spektrum cahaya yang memiliki jutaan warna dan arti. Karena itu sykurilah apa yang menjadi hadiah bagimu. Pepatah mengatakan kemarin adalah sejarah, esok adalah tanda tanya dan hari ini adalah hadiah, karena itu disebut present (dari present tense)

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More